Jumat, 21 April 2023

Rakernas VIII APGI Tahun 2023

 


APGI melaksanakan Rapat Kerja Nasional ke-VIII Tahun 2023, pada tanggal 16-17 Februari 2023 serta dilanjutkan dengan program Pelatihan Tenaga Pelatih/Training of Trainer Pemandu Wisata Gunung pada tanggal 18-19 Februari 2023 di Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Acara ini diikuti oleh 50 orang dari perwakilan Dewan Pengurus Pusat, Dewan Pembina, Dewan Teknik, Dewan Etik, Dewan Pengawas, Dewan Pengurus Provinsi Dan Anggota APGI Se Indonesia. Kegiatan Rakernas dibuka oleh Ketua Umum APGI, Rahman Mukhlis. Menurutnya, tahun ini merupakan momentum kebangkitan untuk kita pelaku pariwisata setelah melewati 2 tahun masa pandemi Covid 19, yang saat ini sudah mereda. Adapun tema kerja yang diusung tahun ini adalah #7oTHenextlevel, yaitu SEMANGAT APGI memasuki usianya yang ke 7 Tahun dalam meningkatkan kualitas di segala aspek organisasi untuk menuju level yang lebih baik dan lebih tinggi bagi organisasi, anggota, profesi pemandu gunung dan industri pariwisata . Semangat #7oTHenextlevel ini akan diimplementasikan melalui berbagai kebijakan Dan program kerja di tahun kerja 2023 yang terangkum dalam 7 aspek yaitu : 

1. Pengembangan Standar Kompetensi Pemandu Wisata Gunung  

2. Peningkatan Kapasitas SDM (Pengurus, Anggota, Instruktur dan Asesor) 

3. Penyelenggaraan Kepengurusan/Tata Kelola Organisasi

4. Pengelolaan Keuangan

5. Hubungan Kerjasama Antar Lembaga

6. Pengelolaan Media Informasi dan Komunikasi 

7. Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan 


Selain penetapan program rutin tahunan APGI, dalam Rakernas APGI 2023 juga menghasilkan 2 hal strategis yaitu, penetapan MARS APGI, untuk menambah semangat dan loyalitas dalam berorganisasi serta menetapkan Klasifikasi/Grading Jalur Pendakian Gunung di Indonesia yang diharapkan dapat memberikan referensi bagi para pemangku kepentingan terkait , untuk melakukan pengembangan wisata gunung di Indonesia.


Rakernas VIII APGI Tahun 2023, ditutup secara resmi oleh Kabid Pengembangan SDM Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, bapak Hariyanto. Dalam sambutan penutupnya , beliau menyambut baik hasil rakernas APGI ini, karena sejalan dengan tujuan pemerintah untuk mengembangkan SDM dan industri Pariwisata , apalagi Jawa Timur khususnya memiliki banyak potensi wisata gunung sehingga diperlukan SDM yang handal dan kompeten untuk melayani para wisatawan, semoga kita dapat berkolaborasi mewujudkan kemajuan pariwisata di Jawa Timur dan Indonesia, sukses selalu untuk APGI dan profesi pemandu gunung Indonesia. 


Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya Rakernas VIII APGI Tahun 2023 yaitu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, BPJS Ketenagakerjaan dan Eiger.


Salam APGI Juara Indonesia Jaya.

APGI Jaya, APGI Raya, APGI Indonesia

Tags :

bm

Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia

DPP APGI

www.apgi.or.id

  • Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia
  • Jakarta - Indonesia
  • mountainguide.indonesia@gmail.com
  • 081513703954

Posting Komentar