Jumat, 21 April 2023

Memilih dan Memelihara Sepatu


Ketika kita menjelajah ke hutan belantara, itu bisa untuk waktu yang lama dan melewati beberapa medan yang cukup kasar. Kaki adalah yang melakukan latihan keras, jadi pastikan kaki tetap bahagia adalah prioritas utama. Dengan sepasang sepatu yang pas, cocok, tahan lama, dan nyaman, Anda akan melangkah dalam petualangan dan hiking di tempat yang tinggi

Memilih sepasang sepatu hiking yang bagus adalah salah satu keputusan peralatan terpenting yang akan Anda buat. Memiliki keseimbangan yang tepat antara kenyamanan, traksi, bobot, dan daya tahan akan membuat perbedaan besar di setiap langkah di sepanjang jalan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh kita ketika akan membeli sepatu untuk kegiatan di luar ruangan.

Apa yang Paling Penting bagi Anda dalam Sepatu Hiking? Ini mungkin pernah kita semua alami, sebuah pertanyaan mendasar tetapi menjadi penting untuk diperhatikan. Sepakat ya hehehe...



KENYAMANAN DAN KESESUAIAN
 

Fit atau sesuai itu sangat pribadi, jadi apa yang berhasil bagi sebagian orang mungkin bukan pilihan terbaik bagi orang lain. Secara umum, sepatu yang paling nyaman memberi ruang bagi jari-jari kaki Anda untuk melebar, memiliki bantalan yang menopang bentuk kaki Anda, dan memiliki sedikit kelenturan di bagian atas sehingga dapat bergerak dengan kaki Anda. Keamanan, kenyamanan dan sesuai menjadi hal paling penting.


HARGA

Ada banyak orang cenderung rela merogoh kocek lebih dalam untuk alas kaki berkualitas ini karena percaya bahwa kesuksesan petualangan bergantung pada kaki yang bahagia dan sehat. Kenyamanan dan kecocokan biasanya mengalahkan biaya dalam perihal memilih sepatu, tetapi kami merekomendasikan opsi kualitas pada berbagai titik harga dalam pilihan utama kami di bawah ini.


BERAT 

Berat pada kaki mengeluarkan energi sekitar 5 kali lebih banyak daripada berat yang dibawa di punggung. Sepatu yang lebih ringan berarti lebih sedikit kelelahan otot, lebih sedikit tersandung, dan dapat membantu menghindari masalah di lutut dan pinggul. Itu tidak berarti bahwa sepatu yang lebih berat itu buruk. Jika Anda melakukan banyak hiking di luar jalur atau Anda cenderung membawa tas yang lebih berat, Anda mungkin lebih percaya diri dengan sepatu yang lebih kekar dan tahan lama.


KETAHANAN & BAHAN

Sepatu hiking bisa menjadi investasi besar, jadi menemukan sepatu yang tahan lama akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal. Sepatu yang sesuai dengan karakter daerah dan lokasi yang kita tuju menjadi pertimbangan dalam hal ini.


WATERPROOF VS NON-WATERPROOF 


Sepatu tahan air bisa menjadi penyelamat nyata jika kita sering mendaki di daerah basah dan berlumpur. Sepatu berbahan ini menggunakannya untuk pendakian hari yang basah di musim hujan. Di sisi lain, sepatu tahan air tidak terlalu menyerap keringat di hari yang panas, dan bisa menjadi berat dan lambat kering saat basah. Sepatu non-tahan air lebih ringan dan lebih bernapas, dan meskipun rentan basah, mereka cukup cepat kering.


Tips “ Penting juga untuk mencoba sepatu  dengan kaus kaki yang tebal, atau bahkan sedikit lebih tebal dari kaus kaki yang biasa Anda pakai saat mendaki. agar mendapatkan kesesuaian sepatu dengan kaki.


Sumber tulisan 

World expedition ,Mountain guide TrainingPengalaman pribadi penulis



Untuk mengupdate info dan data silahkan hubungin Bung APGI

Konten Creator TLY

Disunting oleh

Tags :

bm

Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia

DPP APGI

www.apgi.or.id

  • Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia
  • Jakarta - Indonesia
  • mountainguide.indonesia@gmail.com
  • 081513703954

1 Reviews: