Jumat, 21 April 2023

Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Gunung. Dispar Lotim Gandeng APGI NTB


Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Lombok Timur mengadakan pelatihan kepada para pemandu wisata gunung dengan berkolaborasi Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Pelatihan pemandu wisata gunung berlokasi di Hakiki Homestay desa Wisata Kembang Kuning Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur, Senin (31/10). Kegiatan tersebut dibuka oleh kepala Dispar Lotim Drs. Iswan Rahmadi. akan berlangsung selama 4 hari, mulai dari 31 Oktober sampai 3 November 2022.

Kasi Pengembangan SDM Aparatur pada Dinas PMD Lotim Rika Herawati, Kepada awak media mengatakan, pelatihan tersebut sebagai bentuk penguatan sumber daya manusia bagi para pendaki gunung pemula ataupun yang sudah berpengalaman, mereka dilatih sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dengan tujuan menciptakan para pemandu yang profesional di wisata gunung rinjani.

"Kami dari dinas pariwisata kabupaten Lombok Timur saat ini bekerja sama dengan APGI provinsi NTB untuk mengadakan pelatihan pemandu wisata gunung, yang mana pada pelatihan ini semoga mampu menciptakan para pemandu yang profesional sesuai dengan standarisasi SKKNI dan standarisasi pendakian," jelasnya.

Lebih jauh kata dia, Kabupaten Lombok Timur sendiri wisata pendakian sangat banyak diminati wisatawan Lokal, Nasional ataupun wisatawan Asing, tidak hanya pendakian ke Gunung Rinjani akan tetapi bukit-bukit disekitaran gunung Rinjani juga sangat populer bagi para wisatawan.

Ia juga mengungkapkan harapannya dari kegiatan ini, semoga nantinya para pemandu wisata gunung mampu profesional, eksis dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi para wisatawan yang ingin berwisata di gunung rinjani atau di bukit-bukit sekitarnya.

"Harapan kami semoga nantinya SDM untuk pemandu wisata gunung ini mampu eksis dan profesional, sehingga didalam aktifitas pemandu gunung atau trekking rinjani ini berjalan dengan baik dengan pelayanan yang terbaik," ujarnya.

disisi lain, Mirzoan Ilhamdi Ketua APGI Provinsi NTB mengungkapkan apresiasinya atas kerjasama yang dibangun oleh Dispar Lotim Dalam mengadakan pelatihan pemandu wisata gunung. Selain itu, ia juga mengatakan kalau nantinya akan ada sertifikasi bagi para pemandu wisata gunung yang saat ini sedang mengikuti pelatihan.

"Kami dari APGI NTB sangat mengapresiasi pelatihan yang diadakan oleh Dispar Kabupaten Lombok Timur, dengan pelatihan seperti ini para pemandu pemula untuk wisata gunung dapat menimba ilmu dan pengetahuan tentang standarisasi serta pelayanan terbaik untuk pendakian itu sendiri," ungkapnya.

"Kami juga nantinya, sekitar bulan Januari tahun depan akan mengadakan sertifikasi pemandu gunung, dan teman-teman yang hadir saat ini yang sedang mengikuti pelatihan ini akan kami prioritaskan untuk mendapatkan sertifikat serta menyiapkan mereka untuk kerja di kepemanduan gunung," tandasnya. (*) coppy@dimensintb.com

Tags :

bm

Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia

DPP APGI

www.apgi.or.id

  • Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia
  • Jakarta - Indonesia
  • mountainguide.indonesia@gmail.com
  • 081513703954

Posting Komentar